GOA PINDUL , Wisata Keluarga Paling Favorit di Yogyakarta

Selamat datang di situs resmi Goa Pindul.

goapinduljogja.co.id adalah situs resmi obyek wisata goa pindul jogja, berbagai artikel yang informatif dan terpercaya bisa anda dapatkan di satu laman ini, diantaranya adalah sbb:

  • Deskripsi wisata goa pindul
  • Letak lokasi dan panduan menunju obyek
  • Tips dan trik wisata goa pindul

Paket favorit Goa Pindul

Bagi anda wisatawan atau calon pengunjung goa pindul, kami sarankan untuk membaca hingga tuntas laman ini, agar kunjungan wisata anda lebih terencana dengan baik. Pokok bahasan pertama yang akan kami tuliskan adalah.

Deskripsi singkat tentang Goa Pindul

Goa Pindul adalah salah satu obyek wisata alam yang berupa lorong gua dengan aliran sungai dibawah tanah. Cara untuk menikmati obyek wisata ini adalah dengan menyusurinya ke sepanjang lorong. Diperlukan peralatan khusus dan wajib berupa ban/tubing dan jaket pelampung untuk wisatawan yang mengunjungi. Sebelum penyusuran, wisatawan wajib melalui salahsatu provider operator pengelola yang ada dan wajib di dampingi pemandu dari operator resmi, silahkan mencari di internet untuk nama-nama operator pengelola goa pindul yang lain. Dari website ini, kami mereferensikan wisatawan untuk melalui provider pengelola resmi dengan nama Wira Wisata.

Semua peralatan, fasilitas dan pelayanan ini berbeda-beda meskipun obyek wisata yang di kelola adalah sama.

Tidak dibutuhkan keahlian khusus dari wisatawan, bahkan sangat aman untuk semua umur. Dari anak-anak hingga lanjut usia. Bagi wisatawan yang tidak ahli berenang ataupun menyelam juga tidak perlu khawatir, sebab air yang mengalir di sepanjang goa pindul sangat tenang dan tidak ber-arus. Lagipula jaket pelampung yang dikenakan akan menjamin 100% wisatawan tidak akan tenggelam dan tetap mengambang di permukaan air. Ukuran jaket pelampung bervariasi dan dapat di sesuaikan dengan ukuran badan.

Air sungai bawah tanah ini berasal dari mata air sendang tujuh, ini adalah serangkaian sumber mata air yang mengalir sepanjang masa di Desa Bejiharjo. Meskipun kemarau panjang melanda daerah ini, debit air goa pindul tergolong stabil dan tidak pernah kering.

Pada musim hujan, debit air goa pindul memang dapat berubah. Meskipun tidak secara konstan, demi keamanan pengunjung pengelola dapat menghentikan kegiatan wisata dengan tempo waktu tertentu. Oleh sebab itu, kami menyarankan anda menghubungi kami sebelum kunjungan, dan kami akan menginformasikan kondisi terbaru di lokasi.

Letak dan lokasi serta panduan untuk menunju Goa Pindul

Goa Pindul terletak di kawasan batuan karts di salahsatu kabupaten sebelah timur kota Yogyakarta lebih tepatnya di Dusun Gelaran 2, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Wilayah ini lebih di kenal dengan kota Wonosari.

Data lokasi ini berasal dari data yang kami himpun di kelurahan/desa setempat.

Daerah Gunungkidul yang konon terkenal dengan daerah yang gersang, kering dan sulit untuk mendapatkan air bersih di musim kemarau. Kebanyakan wisatawan justru terkejut jika sudah sampai di lokasi goa pindul. Bahkan tak sedikit yang terkagum dengan air yang melimpah dan persawahan hijau di sekitar lokasi, mungkin ini adalah salah satu hal yang membuat penasaran wisatawan akan goa pindul. Persawahan ini adalah sumber penghasilan dan sumber makanan untuk masyarakat sekitar goa pindul.

Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi wisata ini, silahkan ikuti panduan yang kami berikan.

Anda yang menggunakan transportasi umum silahkan turun diterminal Wonosari Dhaksinarga, dan silahkan cari ojek disekitar. Ini adalah cara paling tepat, karena tidak ada transportasi umum lainnya yang menuju lokasi goa pindul. Atau menghubungi kami untuk melakukan penjemputan.

Anda yang menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya menuju link ini, sudah kami sediakan panduan lengkapnya.

Sedikit gambaran mengenai apa saja yang ada di dalam Gua Pindul

Goa Pindul terstruktur dari batuan karts yang tebal dan kokoh, terbukti tidak terjadi perubahan apapun pada waktu terjadi gempa dahsyat di Jogja pada tahun 2006 silam. Sebelum dijadikan sebagai tempat wisata, Goa Pindul juga sudah di uji segi keamanannya dan kekuatan gua secara mendalam.

Panjang goa pindul dari start mulut goa hingga finish keluar goa adalah sekitar 350 meter, tinggi ruangan adalah sekitar 5 meter lebar ruangan sekitar 1-5 meter. Untuk kedalaman air sungai bawah tanah ini tidak sama, yaitu dari 1 meter hingga belasan meter. Jumlah oksigen sangat baik dan sirkulasi udara sangat bagus meskipun di tengah-tengah goa sekalipun, karena goa ini tembus seperti terowongan.

Penyusuran dapat memakan waktu kuranglebih 40-60 menit, namun ini tergantung situasi, kondisi, dan keinginan para wisatawan sendiri.

Gua Pindul terbagi menjadi beberapa zona, yaitu :

Zona pertama adalah zona terang, posisi di mana wisatawan berada di mulut pintu masuk goa pindul. Di zona ini wisatawan akan disambut dengan batu stalaktit aktif di atas. Ini adalah stalaktit terbesar ke tiga di goa pindul. Wisatawan juga akan melihat beberapa ornamen batu kolom/pilar. Batu kolom atau batu pilar adalah pertemuan batu stalaktit dan batu stalakmit aktif yang sudah menyatu. Pada kondisi ini, biasanya batu tersebut sudah tidak aktif lagi.

Zona ke dua adalah Zona Remang, zona ini terdapat satu batu yang mempunyai mitos unik. Mitos ini juga menjadi salahsatu daya tarik Goa Pindul. Batu Perkasa, ini adalah batu stalakmit aktif, mempunyai mitos : barang siapa saja pria (kaum adam) yang dapat menyentuh batu ini diyakini akan bertambah kuat dan perkasa. Lebih masuk dan berjarak beberapa meter akan menjumpai stalaktit yg indah yang di sebut batu stalaktit mutiara. Batu mutiara juga mempunyai mitos untuk kaum hawa atau wanita, barang siapa yang beruntung mendapatkan tetesan alami yang keluar dari batu ini di percaya akan terlihat lebih cantik dan awet muda. Tetesan dari batu ini memang benar-benar murni dan jernih. Namun sekali lagi kami tidak memaksa anda untuk mempercayai semua mitos yang ada di zona ini.

Lebih ke dalam lagi beberapa meter wisatawan tidak akan melihat apapun tanpa alat bantu penerangan, karena zona ini adalah zona gelap abadi. Area ini tidak pernah terkena sinar matahari secara langsung. Penerangan hanya berasal dari cahaya lampu senter pemandu yang mengantarkan. Zona ini adalah zona paling dalam, dasar sungai sekitar 11 meter. Terdapat 2 buah batu stalaktit terbesar kedua dan pertama. Batu stalaktit terbesar pertama yang berada di zona ini di sebut dengan batu Soko Guru. Soko Guru berasal dari bahasa jawa yaitu Soko berarti tiang dan Guru adalah Gunung/bukit. Batu soko guru ini berukuran kurang lebih 5 rentang tangan orang dewasa, atau berdiameter sekitar 12 meter. Batu ini juga yang membuat zona sempit di goa pindul dan hampir menutupi seluruh ruangan di zona ini. Hanya dapat di lalui dengan satu ukuran ban dalam besar yang di pakai wisatawan untuk menyusuri gua. Ini adalah alasan yang tepat kenapa penyusuran Goa Pindul hanya menggunakan ban/tube (tubing) bukan sampan atau perahu karet. Karena alasan ini juga kegiatan wisata ini di sebut cave tubing. Atau lebih di trend di namakan Cave Tubing Pindul.

Usai melewati zona sempit, wisatawan akan menjumpai zona kelelawar. Ini adalah zona terpanjang di Goa Pindul. Di zona ini terdapat banyak sekali spesies kelelawar kerdil yang berhabitat. Ini adalah sarang kampret(sebutan untuk kelelawar jenis ini menurut warga sekitar). Kampret-kampret ini membuat sarang berupa sumur-sumur terbalik sebagai tempat singgah dan berdiam. Mereka juga menandai atap dinding bagian atas tempat mereka menggelantung dengan air kencingnya. Mungkin ini akan memudahkan mereka mencari tempat tinggalnya usai mencari makan di luar gua. Karena jumlah tanda/bercak yang banyak maka dinding atas di area ini hingga membentuk motif seperti batik abstrak. Wisatawan tidak perlu khawatir dengan kelelawar-kelelawar kecil ini, mereka hanyalah pemakan serangga. Nyamuk adalah santapan harian mereka, berkat kelelawar jenis ini, goa pindul tidak ada nyamuk sama sekali.

Masih di zona kelelawar, terdapat juga batu penghias yang unik. Batu tirai dan batu kristal terbesar di goa pindul. Meskipun sebelumnya wisatawan sudah melihat batu tirai dan batu kristal di zona-zona sebelumnya, akan tetapi di zona ini adalah yang paling besar. Batu ini seakan-akan mengucapkan terima kasih kepada wisatawan yang sudah mengunjungi goa pindul. Tepat dibawah batu ini, wisatawan akan melihat cahaya yang indah, saat melihat ke arah depan.

Ini adalah spot paling di buru, jika wisatawan berkunjung di saat yang tepat, akan menjumpai dan melihat cahaya yang di sebut cahaya surga. Moment tersebut akan kami tuliskan di bawah ini di poin tips wisata goa pindul.

Lokasi ini adalah zona paling di tunggu oleh sebagian besar wisatawan, karena di zona ini biasanya pemandu akan mempersilahkan wisatawan untuk bermain, berfoto-foto, berenang, melompat dll. Tentu bagi wisatawan yang menginginkan, jika tidak ingin turun dari ban, wisatawan hanya perlu lewat saja atau tetap duduk diban dan menikmati keindahannya. Bagi wisatawan yang turun dari ban dan melakukan aktifitas di zona ini tetap dilarang untuk melepas jaket pelampung yang di kenakan dengan alasan apapun. Meskipun sudah mahir berenang sekalipun.

Setelah puas bermain di zona ini, biasanya pemandu mengajak keluar dengan berenang bagi yang bisa hingga finish dan sampai darat. Finish dari goa pindul disebut dengan nama Mbanyu Moto (jawa) atau Air Mata mungkin artinya dalam bahasa indonesia. Nama ini termasuk dalam sejarah Goa Pindul yang akan kami tuliskan juga di bawah ini.

Di Lokasi finish ini terdapat bendungan besar, yang di buat pada zaman penjajahahan Belanda dahulu, tujuan utamanya adalah sebagai sarana irigasi persawahan yang ada di daerah tersebut. Dan sampai sekarang masih di fungsikan oleh penduduk sekitar untuk mengaliri sawah mereka. Air yang digunakan berasal dari air yang mengalir di Goa Pindul.

Setelah finish, wisatawan akan di jemput dengan alat transportasi untuk di antar kembali ke basecamp (jika menggunakan provider Wira Wisata).

Alat transportasi ini kami sebut dengan nama Pajero Pindul(panas njobo njero/luar dalam). Layanan ini adalah free atau sudah include pada saat pembelian tiket masuk.

Karena kami merefrensikan di Wira Wisata, kami akan menyampaikan Harga tiket untuk obyek wisata ini dan fasilitas yang akan di dapatkan dari pembelian tiket.

Harga Tiket Wisata Goa Pindul

Setiap wisatawan yang akan melakukan penyusuran gua wajib melalui pengelola dan melakukan pembelian tiket terlebih dahulu. Harga tiket Resmi Goa Pindul adalah sebesar Rp. /person. Maaf untuk semua harga tiket sedang dalam penyesuaian, silahkan menghubungi kami via telepon.

Dari pembelian tiket, wisatawan akan mendapat fasilitas berupa : peminjaman jaket pelampung dan ban tubing, sepatu karet, pelayanan pemandu, fasilitas transportasi obyek, wedang pindul, tempat istirahat pendopo nyaman dan luas, free wifi hotspot (ini fasilitas di Wira Wisata, mungkin berbeda dengan operator lainnya)

Tip Wisata Goa Pindul

Dibutuhkan persiapan sebelum mengunjungi Goa Pindul diantaranya.

  1. Tahu informasi tentang obyek wisata ini, lokasi, harga tiket, dan gambaran. Setidaknya anda dapat mengetahui apa yang akan anda lakukan selama di obyek wisata.
  2. Memilih operator terpercaya, ini bebas namun anda harus tepat dalam memilih. Ini menyangkut fasilitas dan pelayanan yang akan anda dapatkan. Harga yang murah dibawah standar ketetapan, justru menjadikan pertanyaan.
  3. Persiapan pribadi, yaitu pakaian ganti yang siap basah. Ini dapat juga anda beli setelah anda tiba disini. Dengan harga yang cukup terjangkau.
  4. Persiapan fisik. Persiapkan kesehatan anda, jangan terlalu memaksakan anda untuk penyusuran jika badan kurang fit, karena mungkin anda tidak akan dapat menikmati wisata anda dengan baik.
  5. Ini adalah paling penting. Hubungi pengelola jauh hari sebelum kunjungan, ini dapat menghindarkan anda dari calo di jalan. Anda juga dapat mendapatkan fasilitas panduan dan penjemputan gratis dari operator. Informasi terbaru juga bisa anda tanyakan lewat contact resmi dari pengelola dilapangan.
  6. Hindari Reservasi kepada orang yang bukan berasal dari pengelola, kecuali jika anda sudah mempercayakan perjalanan anda ke travel atau biro wisata yang akan membawa anda. Ingat !!! yang akan melayani dan memberikan fasilitas kepada anda selama di Goa Pindul adalah pengelola.
  7. Hindari mentranfer sejumlah uang untuk pembelian tiket. Anda harus tahu lebih dulu dari mana pemilik rekening. Untuk lebih jelasnya anda dapat mencari profil orang tersebut.

Dengan membaca seluruh artikel di atas, semoga kunjungan anda lebih terencana dengan baik dan sesuai dengan yang anda inginkan.

Masih ada yang ingin anda tanyakan ? Silahkan tulis komentar di bawah ini!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *